Apakah Arti dan Ciri Teks Ulasan?

Materi Teks Ulasan Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 / K13

Penulis: Sandita Nityas Arfiana

    Tentu kalian pernah membaca sebuah buku atau menonton film atau bisa juga melihat suatu karya seni. Nah, setelah membaca atau menonton karya tersebut tentunya kalian sering mengungkapkan kelebihan dan kekurangan karya-karya tersebut secara tidak langsung. Mungkin bisa juga, sebelum kalian membeli sebuah buku atau berencana menonton sebuah film di bioskop, kalian akan mencari referensi buku/film/karya seni tersebut di internet. Penilaian itulah yang biasa kita sebut ulasan atau resensi.

    Jadi, dapat disimpulkan bahwa teks ulasan adalah teks yang berisi penilaian terhadap suatu karya yang dapat berupa buku/ film/ lagu/ karya sastra/ karya seni. Sedangkan ciri-ciri teks ulasan antara lain sebagai berikut,

1. Memuat informasi mengenai sebuah karya berdasarkan opini penulis,

2. Opini berdasarkan fakta,

3. Memiliki nama lain, yaitu resensi, dan

4. Memiliki struktur: Orientasi, Sinopsis, Analisis, dan Evaluasi.


Simaklah contoh teks ulasan novel "Hujan" karya Tere Liye!

https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSBAYh9Ex2gmxMy7ZRPiQ-7sMKQvy_5qMnmiy6BOCetcT3g0SzX

Novel Hujan karya Tere Liye menceritakan tentang kisah Lail dan Sok Bahtera yang memerankan tokoh utama. Keduanya dipertemukan setelah gunung meletus di tahun 2042. Sedangkan, tokoh pendampingnya ada Maryam yang menjadi sahabat Lail, wali kota beserta istrinya, Claudia, Elijah, ibunya Lail, ibu penjaga asrama dan ibunya Esok.

Efek letusan gunung sangat dahsyat karena memporak porandakan hampir seluruh isi bumi dan hanya menyisihkan 10% manusia. Selain itu, cuaca dan iklim menjadi kacau. Esok yang memiliki nama lengkap Soke Bahtera ini merupakan anak muda yang pintar dan jenius. Ketika berumur 16 tahun, ia berpindah ke ibukota untuk meneruskan sekolah. Akhirnya, ia bisa membuat mobil terbang untuk pertama kali.

Lail adalah tokoh wanita yang sederhana, tinggal di panti sosial, menjadi relawan kemanusiaan dan mengenyam pendidikan di sekolah perawat. Ia menyimpan perasaan cinta yang mendalam selama bertahun-tahun kepada Esok, namun tidak bisa diungkapkan. Esok sendiri tidak memiliki waktu lebih walau hanya sekedar menemani atau menghubunginya karena kesibukannya.

Cerita dengan latar di tahun 2042-2050 ini mengangkat genre science-fiction. Di dalamnya terdapat bumbu-bumbu kisah percintaan remaja. Selain itu, juga menceritakan dunia masa depan yang penuh teknologi canggih. Peran manusia sudah digantikan dengan teknologi dan ilmu pengetahuan. Manusia semakin dimanja dengan teknologi yang ada, tidak perlu memasak, menjahit dan mengerjakan aktivitas lainnya. Namun, manusia tidak bisa lepas dari kodratnya memiliki berbagai jenis perasaan seperti sedih, cinta, senang, rindu, benci dan lain-lain.

Inilah yang menimbulkan konflik dalam cerita. Pertama-tama, diawali dengan kedatangan Lail yang akan memodifikasi ingatannya di pusat terapi saraf. Saat ditanya, ia menjawab ingin melupakan tentang hujan. Kemudian, Lail menceritakan tentang kehidupannya dari terjadinya bencana alam sampai tiba di pusat terapi syaraf kepada Elijah yang merupakan paramedis senior.

Sumber: https://www.kompasiana.com/devifernanda/6197928406310e14351e8852/ulasan-novel-hujan-karya-tere-liye

Komentar