Apakah Pengertian dan Ciri Teks Berita?

Materi Berita Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Sudahkah kalian membaca berita hari ini? Di mana kalian membaca berita tersebut? Tentu banyak dari kalian yang menjawab dari internet atau Instagram atau mungkin dari Tiktok 😃 Ya, fenomena ini sudah tidak asing lagi bagi kita semua bahwa media cetak banyak yang mulai tergeser dengan adanya media online bahkan media sosial instan zaman sekarang. Media cetak seperti koran, majalah, tabloid, surat kabar, dan lain sebagainya beberapa sudah tumbang tergerus pesatnya kemajuan teknologi.

https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Ftag%2Fkoran&psig=AOvVaw10H09v9GZp49LuaitzG3nQ&ust=1672808739183000&source=images&cd=vfe&ved=0CA8QjRxqFwoTCKiZharQqvwCFQAAAAAdAAAAABAb

Tapi, tetap ada kelebihan dan kekurangan media-media sosial tersebut saat menyajikan sebuah berita. Apa kalian tahu bahwa berita yang dibagikan dalam sebuah media daring atau online kebanyakan tidak ada proses edit terlebih dahulu? Hal tersebut dikarenakan keinginan pihak-pihak tertentu untuk menjadi nomor satu dalam menyajikan sebuah berita yang akhirnya menjadi viral atau bisa juga menguntungkan beberapa pihak. Sedangkan, media cetak seperti koran yang zaman orang tua kalian dulu sering berlangganan, harus memuat asas fakta dan kebenaran berdasarkan sumber terpercaya sehingga membuat pembaca yakin terhadap berita yang disampaikan. Dalam media cetak juga membutuhkan proses penyuntingan atau editing sehingga bahasanya sesuai dengan ejaan dan tidak menimbulkan makna ganda.

Menurut KBBI, berita adalah cerita atau keterangan terkait kejadian atau peristiwa yang sedang terjadi. Dapat juga diartikan suatu teks untuk menyampaikan kabar atau informasi kepada masyarakat mengenai suatu peristiwa atau kejadian aktual dan faktual yang diinformasikan secara tertulis.

Ciri-ciri Teks Berita

  • Teks yang diberitakan adalah sesuatu yang benar-benar terjadi, bukan pendapat atau opini atau gagasan dari si penulis teks berita..
  • Peristiwa yang dikabarkan adalah kejadian yang jarang terjadi dan bukan kejadian yang setiap hari terjadi dalam suatu lingkungan tertentu.
  • Merupakan peristiwa aktual yakni yang masih diberitakan dan baru terjadi bukan peristiwa yang terjadi di masa lampau.
  • Data yang diberikan sesuai dengan kejadian asli tanpa adanya rekayasa oleh penulis teks berita yang akan disebarluaskan itu.
  • Menggunakan bahasa yang menarik dan dapat membuat pembaca dalam hal ini masyarakat berminat untuk membacanya.
  • Data yang diberikan secara lengkap, khususnya data-data penting yang didapatkan oleh penulis teks berita ini.
  • Bahasanya mudah dipahami, sifatnya objektif dan alur peristiwa yang disajikan berurutan serta kalimat yang digunakan dalam teks berita adalah singkat, padat dan jelas.
Selamat memahami! 😉

Komentar